Peresmian Geoportal Kebijakan Satu Peta 2.0

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #10048
    Banata
    Keymaster

    Geoportal Kebijakan Satu Peta 2.0 akhirnya akan diluncurkan pada Kamis, (18/7/2024). Geoportal Satu Peta 2.0 merupakan sebuah peta canggih yang memuat berbagai data geospasial di seluruh Indonesia dan dapat diakses oleh publik.
    Perlu diketahui, Kebijakan Satu Peta sendiri sudah dimulai sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kebijakan ini diluncurkan untuk mengintegrasikan data geospasial yang selama ini terpencar di beberapa kementerian dan lembaga.

    Sebelumya, Indonesia memiliki 85 peta tematik yang dikeluarkan masing-masing kementerian dan lembaga yang berbeda. Akibatnya, terjadi tumpang tindih peta yang memicu berbagai konflik pertanahan dan efisiensi. Maka itu, pemerintah ingin mengintegrasikan seluruh peta agar bisa menjadi satu acuan bagi berbagai kebutuhan pembangunan nasional
    Kini akan dilakukan peluncuran Geoportal Kebijakan Satu Peta 2.0 dan White Paper OMP Beyond. Dalam momentum ini juga akan dilakukan pula penyampaian hasil PSN dan prestasi Kawasan Ekonomi Khusus. Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian menyebutkan bahwa realisasi investasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Indonesia tergolong positif hingga akhir Juni 2024. Sepanjang semester pertama tahun ini, realisasi investasi secara kumulatif di KEK tercatat sebanyak Rp 205,2 triliun.

    Peluncuran dan penyampaian hasil PSN serta KEK ini dihadiri oleh Menteri KLHK Siti Nurbaya, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menkopulhukam Hadi Tjahjanto, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

    https://satupeta.go.id/

Viewing 1 post (of 1 total)
  • You must be logged in to reply to this topic.